Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Penyakit Hati



Ada yang tahu tentang "Penyakit Hati"?


Penyakit hati di sini bukan hepatitis atau liver dan sejenisnya. Melainkan hal-hal negatif yang dapat mengotori hati manusia.

Sebelum hati kita menjadi keruh, ketahuilah hal-hal yang dapat mengotori hati:


1. Iri hati
    Sifat ini membuat kita selalu merasa tidak senang dengan kesenangan, kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan orang lain. Kita pun cenderung berusaha menyaingi orang itu dengan berbagai cara. Bahkan terkadang, kita ingin merusak kesenangan itu. Namun, jika rasa iri lebih ke arah kebaikan, seperti ingin sukses agar dapat menyebarkan ilmu di kemudian hari atau iri untuk menyebarkan kebahagiaan kepada orang lain, itu boleh-boleh ajah loh.


2. Provokatif
    Sifat ini membuat kita berusaha untuk selalu mempengaruhi orang lain melakukan tindakan yang kurang baik. Misalnya: menulari kebencian kita kepada orang lain atau memanas-manasi dengan tujuan menimbulkan permusuhan atau melahirkan kebencian dengan orang itu kepada orang lain.


3. Menebar fitnah
    Inilah kegiatan menyebarkan kejelekan orang lain sehingga nama baik orang itu tercemar atau membohongi seseorang agar menimbulkan kebencian.


4. Berburuk sangka
    adalah sifat yang selalu mencurigai atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.


5. Ingkar janji
    Penyakit hati ini berupa sikap yang tidak bertanggung jawab atau mangkit atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan orang lain kepada kita. Biasanya disertai bohong dan mengobral janji. Orang yang sering ingkar janji berisiko tidak disukai orang di sekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.




So what?



Bagaimana caranya agar terhindar dari penyakit hati?



Belajarlah dari setiap apa yang kita lakukan kita niat ikhlas lillahi ta'ala. Banyaklah bersyukur dan banyak berdoa. Ketahuilah, seseorang yang berpenyakit hati, hatinya akan sibuk menyiksa diri. Hati tersiksa karena iri, dengki, dan sebagainya, yang hanya membuatnya capek. Sibukkan hati dan diri kita dengan mengerjakan amal sehingga hati akan menjadi suci di hadapan Allah.


Penyakit hati hanya akan menimbulkan penyakit fisik yang lain (ie: stres, jantung, dll). Jika ada permasalahan dalam hidup, sederhanakanlah. Jangan mendramatisir atau melebih-lebihkan. Sesungguhnya yang berlebihan itu datangnya dari syetan.


Lalu, sudahkan Anda terhindar dari penyakit hati? kalau belum, segeralah untuk menyadarinya dan bertaubat. Sesungguhnya segala yang ada di dunia ini hanyalah milik-Nya, Tuhan semesta alam.



PS: Semoga tulisan ini bermanfaat, pengalaman teman yang berpenyakit hati dan saya sebagai sasaran dari penyakit hatinya. Semoga teman saya segera sadar atas sikap dan perbuatannya, amin.





Love,
Nyonya Usman



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...