Pages

Kamis, 21 Juli 2011

BLitaR, Kota PATRIA

BLITAR
merupakan kota yang terletak di sebelah selatan provinsi Jawa Timur. Berada di kaki gunung kelud sehingga cuaca sejuk menyelimuti kota ini. Kota Blitar ini memiliki Sesanti "KRIDDHO HANGUDI JAYA" (Bekerja Keras Untuk mencapai kejayaan) dengan Motto "BLITAR KOTA PATRIA" (Blitar Pembela Tanah Air yang tertip Rapi, Indah dan Aman). Kota ini juga dikenal pula sebagai Kota Pahlawan, Kota Pelajar, dan Kota yang Aman Damai






Disini, terdapat objek wisata yang terkenal yaitu Makam Soekarno (lebih dikenal dengan nama Makam “Bung KARNO”). 

Makam Proklamator "Bung KARNO" tersebut merupakan makam seorang tokoh besar yaitu Presiden Pertama sekaligus Proklamator kemerdekaan Republik Indonesia. Makam ini terletak di kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, sekitar 2 km ke arah utara pusat Kota Blitar.
Makam ini didominan oleh arsitektur 'Joglo'. Bergaya Jawa Timuran dan dikombinasi dengan gerbang candi Bentar. 









Kebesaran nama Soekarno telah mengundang banyak wisatawan baik local maupun wisatawan mancanegara untuk berziarah ke makam ini. Mereka merasa kagum dengan kebesaran Presiden Soekarno, sehingga mereka berdo’a di makam ini untuk mendapatkan berkah.


Alih-alih berdo’a, Mela disini ternyata cuman asyik foto-foto doang, ckckck.. *anak nakal jangan ditiru yah :D

Yah, saat kesana memang tidak bisa mendekat ke area makam karena… *biasalah masalah cewek, jadi cuman bisa melihat dari jauh karena area makamnya suci.












Selain bangunan utama yang berupa cungkup makam Bung Karno, kompleks makam ini juga dilengkapi dengan bangunan-bangunan pendukung yaitu; Gapura Agung, Masjid dan Bangsal; yang dapat membuat para pengunjung betah untuk berziarah di lokasi ini. 

Ada juga bangunan pelengkap yang terdiri perpustakaan, rumah pengurus makam, tempat peristirahatan umum, halaman parkir, dan pertamanan. Kesannya sangat megah sebesar Beliau sewaktu masa hidupnya.
















Mela di pelataran Museum Bung Karno










Konon katanya, diperpustakaan tersebut jika malam hari terdengar suara detak jantung Bung Karno. 

Beneran gak sich?? 

Tapi aku kok enggak denger yah?? *sedang berpura-pura untuk enggak dengerin apapun biar gak denghahaha :D



























Mela di samping patung Bung Karno







Upz, hampir ketinggalan. 

Di sini juga terdapat sebuah gong yaitu gong perdamaian dunia. Gong ini digunakan sebagai Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Umat Manusia. 

Coba dilihat, di situ terdapat banyak simbol bendera dari semua negara di dunia yang mengitari seluruh tepian gong. Di tengahnya merupakan simbol dari seluruh kepercayaan yang dianut umat manusia serta tulisan gong perdamaian itu sendiri.


Gong Perdamaian Dunia (GPD)




Mela di samping GDP





0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...