Pages

Sabtu, 23 Juli 2011

Pisang Untuk Otak

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia.

Pisang juga merupakan buah favorit para atlit dunia maupun atlit nasional, karena dapat dengan cepat mengembalikan energi yang terbuang.
Kandungan gizi dalam pisang matang terdiri dari 99 gr kalori;72 gr air; 1,2 gr protein; 0,2 gr lemak; 25,8 mg karbohidrat; 28 mg fosfor; 0,5 mg besi; 0,7 gr serat; 8 mg kalsium; 44 RE vitamin A; 0,08 mg vitamin B dan 3 mg vitamin C.

Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah. Manfaat pisang sangat banyak terutama untuk otak.

Kemampuan belajar siswa yang makan pisang saat sarapan dan makan siang terpacu karena kandungan kalsiumnya tinggi dalam pisang. Kalsium berfungsi membantu meningkatkan konsetrasi dan kewaspadaan.

Di sebuah sekolah Inggris misalnya, 200 pelajarnya mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.
Para penderita depresi merasa lebih baik setelah makan pisang. Sebab, pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa relaks, memperbaiki mood dan membuat bahagia. Buah pisang yang tinggi akan kadar vitamin B ini juga membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya. Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.

Jadi, yang merasa lola atau lemot *upz, tidak bermaksud menyindir, segeralah makan pisang karena pisang baik untuk otak kita. Dan, aku pun suka… hahaha



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...